SeringSharing #7: Dari Biro Jasa Kematian Hingga Membuat Pohon Bernyanyi

Growinc

Jakarta– Growinc Group Indonesia kembali menggelar SeringSharing dengan mengundang praktisi kreatif dari berbagai sektor industri guna mengulik perspektif baru berikut pengalaman mereka dalam menghadirkan karya-karya yang luar biasa.

Acara ini bertujuan untuk menggali informasi praktis, data, dan proses kreatif dari industri yang berbeda. Diskusi antar industri memungkinkan lahirnya ide inovasi yang dapat diterapkan ke dalam proses berkarya. Sehingga, karya yang dihasilkan akan lebih variatif dan berdampak luas.

 

Mengusung tema “Create The Uncreatable”, SeringSharing menghadirkan Lala Bohang, seniman dan ilustrator, juga Miebi Sikoki, Creative Technologist (Digital Nativ) untuk berbagi ilmu dan pengalaman mereka dalam mewujudkan ide dan menciptakan karya yang fresh, baru, dan di luar pemikiran kebanyakan orang. Acara SeringSharing edisi ketujuh ini dilangsungkan di Growinc Hall, Rabu (23/05) lalu.

Salah satu pembicara, Miebi diketahui aktif berinovasi dengan mengombinasikan teknologi dan kesenian. Ia pun berbagi mengenai latar belakang pendidikannya hingga paparan mengenai karya-karyanya. Miebi yang aktif berkarya menciptakan produk kreatif berteknologi mutakhir berpendapat para talenta kreatif harus menyadari kapan dan hal apa yang ia butuhkan untuk terus berkarya.

 

“Menjadi expert itu bukan hanya mesti tahu apa saja ilmu, pengetahuan, dan keahlian yang dimilikinya, tetapi juga hal-hal apa yang dibutuhkan dari bidang-bidang yang lain. Sharing cross industry, i think it’s very interesting,” kata Miebi.

Dalam presentasinya, Miebi berbagi pengalamannya saat mengerjakan project “Nada Bumi” bersama Invisible Flock. Selama 8 hari, mereka berpetualang menelusuri Jawa dan Flores sejauh 48.223 km untuk mengumpulkan data dari sampel tanaman, air, tanah, udara, dan suara. Mereka mengumpulkan hal-hal itu untuk menangkap perubahan yang terjadi pada ekosistem sebagai dampak dari perubahan iklim.

Dari project ini mereka pun berhasil menampilkan wujud perubahan iklim yang terjadi. Bahkan, kini orang-orang bisa mendengar bagaimana suara-suara dari pohon atau tanaman-tanaman. Mereka berharap karya ini kemudian mampu mengunggah rasa ingin tahu dan kepedulian akan perubahan iklim yang terjadi di sekitar kita.

Selain Miebi, Lala Bohang pun berbagi perspektif baru melalui kisahnya saat menciptakan karya-karya yang sederhana dan bermakna. Mulai dari lahirnya buku perdananya “Book Of Forbidden Feelings” hingga pameran dan project yang ia ikuti.

Growmates (sebutan untuk karyawan Growinc Group Indonesia) tampak terpukau kala Lala bercerita tentang project instalasi “Agency Kematian” yang dikerjakannya untuk memenuhi undangan salah satu institusi pendidikan. Pasalnya, karya Lala ini terbilang tak biasa.

 

“Agency untuk pernikahan sudah biasa. Bagaimana dengan kematian? Belum pernah ada orang yang mempersiapkan untuk kematian. Padahal semua orang pasti akan menghadapinya, kan?” ujar Lala.

Setelah sukses dengan pameran, project, dan menerbitkan buku, Lala mengaku ia menjadi sering diundang sebagai narasumber atau pembicara. Uniknya, menurut Lala, baru kali ini ia diundang oleh perusahaan secara khusus menjadi pembicara program pengembangan talenta karyawan periklanan.

“SeringSharing ini sangat thoughtful sama internalnya. Ini pertama kalinya saya diundang untuk berbicara pada khalayak berupa karyawan dari kantor yang sama,” jelas Lala.

Sementara itu Ridhi Mahendra, CEO Growinc Group Indonesia mengatakan antusiasme yang tinggi akan hadirnya kembali forum SeringSharing adalah bukti bahwa banyak orang yang bersemangat dalam mengambangkan diri, termasuk di lingkungan kantor sekalipun.

“Kegiatan seperti SeringSharing perlu hadir lebih banyak dan lebih sering lagi. Kita bisa lihat masih banyak orang yang ingin tumbuh, mengembangkan diri. Dan di Growinc, kami mewadahinya,” ungkap Ridhi.

Ridhi menjelaskan SeringSharing merupakan salah satu kontribusi dari Growinc Group Indonesia untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM), terutama di industri komunikasi dan periklanan.

Tentang Growinc Group Indonesia

PT Growinc Indonesia merupakan business solution partner yang bergerak di bidang periklanan yang menaungi empat unit bisnisnya, yaitu Inside ID sebagai unit optimization research, Growmint sebagai unit creative advertising, dan Nesvara sebagai unit event management partner. Saat ini, Growinc Indonesia sudah mendapatkan kepercayaan dari berbagai sektor industri untuk menangani strategi komunikasi pemasaran dan periklanan perusahaan baik berskala nasional maupun multinasional. Diantaranya adalah dari sektor otomotif, telekomunikasi, airlines, keuangan dan asuransi.

Informasi lebih lanjut:

Dyama Khazim Setyadi
Corporate Communications

Leave a Reply